Tuanku Galuang

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Tuanku Galuang, beliau adalah salah seorang dari Harimau Nan Salapan, existensi perjuangan harimau nan salapan dalam literatur tidak diragukan lagi yang ditulis oleh Belanda maupun bangsa sendiri.

Sejarah perjuangan beliau kabur atau dikaburkan atau disembunyikan, namun bukti sejarah tidak akan bisa dipungkiri dan tidak terbantahkan khususnya di Galuang Sungai Pua.

Tokoh-tokoh yang disebut sebagai Harimau nan Salapan banyak ditulis dalam literatur sejarah, buku perang paderi karangan M.Rajab tahun 1964, Decte der Padaries (Padries) in de bovenlanden van Sumatra hal 249 (terbitan Lange dan Co di Batavia 1855) dalam buku tersebut bahwa pergolakan (perang) paderi di dataran tinggi Sumatra dipimpin oleh Delapan Tuanku (act priensters) yang dikenal dengan Harimau Nan Salapan (de act tigers).

Seorang penulis Belanda lebih banyak tahu sosok dan profil dari Tuanku Galuang, dalam buku karangan orang Belanda De Stuers (1850) Hollander (1857) Parve  (1855) tentang Perang Paderi di Sumatra Barat, perlawanan Tuanku Nan Salapan dengan julukan Harimau Nan Salapan (de act tijgers ).

Tuanku Galung bukan saja putra Galuang Sungai Pua semata tetapi adalah Putra Bangsa Pahlawan Bangsa.

Dari hasil survey dilapangan (field research) dari keterangan yg dihimpun Bahwa Tuanku Galuang dari Suku Piliang Kati’ak (Datuk Sidubalang) dari Limo Kampuang dan Kapalo Koto Sungai Pua dengan berkembangnya anak, cucu dan kemenakan maka “Manaruko” ka Galuang .

Pada masa Tuanku Galuang berdirilah Rumah Gadang 14 Ruang Surau beratapkan Ijuak dan lapangan tempat berlatih Silat, dilokasi inilah menjadi basis dan markas Tuanku Galuang sekaligus tempat pertemuan atau rapat dari Harimau Nan Salapan dan pasukan kaum putih (kaum paderi) lokasinya adalah di areal Tanah Mesjid Jamik Galuang sekarang selain tinggal menetap di seputaran¬†Rumah Gadang 14 ruang tersebut suku kaum Piliang Kati’ak sebahagian menetap di Ponggok.

Share.

2 Komentar

  1. Kami ingin mengetahui tulisan tentang Tuanku Galuang ….sumber nya dr mana …apakah mengadakan survey ..riset …kami mohon penyelasannya

    • semua sumber ada kami cantumkan dalam artikel tersebut, terima kasih telah mengunjungi infopadang.id

Leave A Reply