Angin kencang, pohon roboh dan timpa badan jalan di Kelok 44, Lubukbasung-Bukittinggi terganggu

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Material pohon menutupi badan jalan Kelok 44 tempatnya di Kelok 4 Jorong Pasa Maninjau, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat akibat angin kencang melanda daerah itu, Jumat (13/8) sekitar pukul 06.10 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Muhammad Lutfi AR di Lubukbasung, Jumat, mengatakan akibat kejadian itu ruas jalan provinsi menghubungkan Lubukbasung menuju Kota Bukittinggi terganggu.

“Jalan hanya bisa dilalui kerandaan roda dua dengan sistim buka tutup,” katanya.

Untuk membersihkan material pohon, tambahnya Satuan Tugas BPBD Agam bersama Pemerintah Kecamatan Tanjungraya dan masyarakat membersihkan material pohon tumbang.

Dengan kekuatan penuh, material pohon selesai dibersihkan pada pukul 09.07 WIB, sehingga arus lalu lintas kembali normal.

“Arus lalu lintas kembali lancar dari kedua arah,” katanya.

Ia mengatakan, pohon itu tumbang akibat angin kencang melanda daerah itu.

Dengan kondisi itu, ia mengimbau pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati daerah itu.

Ini mengingat bahwa Kelok 44 itu merupakan daerah rawan pohon tumbang dan longsor saat curah hujan tinggi disertai angin kencang.

BPBD Agam juga melakukan pembersihan pohon yang sudah lapuk dalam mengantisipasi tumbang yang beresiko menutup jalan atau menimpa warga.

“Pembersihan material pohon itu sering dilakukan, sehingga tidak menutup badan jalan dan menimpa pengendara,” katanya. ***3***

Pewarta : Yusrizal
Editor : Hendra Agusta

/antarasumbar.com

Share.

Leave A Reply