6 Jam Berlalu, WhatsApp, Facebook, dan Instagram Mulai Pulih Sebagian

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Aplikasi media sosial Facebook dan Instagram tampaknya mulai pulih dan terhubung kembali sebagian ke internet global pada Selasa (5/10/2021) dini hari WIB. Sementara, aplikasi perpesanan WhatsApp masih baru mulai pulih pada pukul 05.27 pagi WIB ini.

Pemadaman ketiga platform milik Facebook itu berlangasung sejak menjelang malam tadi, atau hampir 6 jam. Kelompok pemantau situs web Downdetector menyebut kejadian tersebut sebagai kegagalan terbesar internet yang pernah ada. Menurut catatan kelompok itu, ada 10,6 juta laporan masalah terkait pemadaman itu secara global.

Reuters melansir, saham Facebook—yang memiliki hampir 2 miliar pengguna aktif setiap hari—dibuka lebih rendah menyusul laporan itu. Nilainya juga melemah lebih jauh hingga diperdagangkan turun 5,3 persen pada perdagangan Senin (4/10/2021) sore waktu AS.

Pakar keamanan mengatakan, gangguan itu bisa jadi sebagai akibat dari kesalahan internal di perusahaan Facebook. Kendati demikian, dugaan sabotase oleh orang dalam secara teoretis mungkin saja terjadi.

Seorang juru bicara perusahaan Facebook mengatakan, mereka meminta maaf atas masalah tersebut. Namun, pihaknya tidak memberikan penjelasan perinci ihwal penyebab pemadaman aplikasi tersebut. Facebook juga tidak menerangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami,” kata Juru Bicara Facebook, Andy Stone, di Twitter.

“Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya ke normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ucapnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Sumber: inews.id

Share.

Leave A Reply