Inovasi Pengembangan Layanan Informasi Publik Bank Indonesia melalui Aplikasi Chatbot LISA (Layanan Informasi Bank Indonesia)

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Oleh : Yuni Rahmawati (Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Andalas)

Sudah lebih dari 1,5 tahun pandemi covid-19 menghantam  seluruh belahan dunia.  Tentu hal ini masih menjadi tantangan berbagai pihak terkhusus untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara offline. Namun, pandemi bukanlah sebuah hambatan untuk terus berinovasi untuk lebih baik. Bahkan, harusnya pandemi bisa menjadi pendorong untuk terus memunculkan kreativitas guna mempertahankan eksistensi khususnya lembaga atau perusahaan yang berhubungan dengan publik. Apalagi saat ini bisa kita lihat bersama betapa derasnya arus digitalisasi yang menuntut inovasi pada bidang teknologi tidak terkecuali layanan informasi di Bank Indonesia. Keterbukaan informasi publik di Bank Indonesia selama ini berjalan dengan baik dan terus memperlihatkan kemajuan yang signifikan, hal tersebut dapat dilihat dari pemanfaatan teknologi digital di masa pandemi dalam mengemas informasi kepada publik melalui media dan kanal informasi yang bervariasi. Selanjutnya, diperkuat juga dengan cara BI menyesuaikan layanan informasinya sesuai kondisi terkini dan menyediakan informasi yang mudah diakses dan dijangkau oleh publik. Disisi lain, dalam mendukung keterbukaan informasi yang optimal, Bank Indonesia terus berinovasi dan berkolaborasi dengan lembaga, serta pihak-pihak lain termasuk dengan segenap lapisan masyarakat.

Untuk terus meningkatkan pelayanan publik, Bank Indonesia saat ini telah meluncurkan aplikasi Chatbot LISA (Layanan Informasi Bank Indonesia). Dari artikel resmi Bank Indonesia dijelaskan bahwa dengan peluncuran Chatbot LISA akan menjadi kanal baru dalam diseminasi informasi publik yang bertujuan untuk memberikan pelayanan informasi Bank Indonesia yang cepat, akurat dan berbiaya ringan. Melalui inovasi ini, diharapkan Bank Indonesia juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan terbaik kepada publik. Lebih lanjut dijelaskan LISA akan siap siaga melayani publik melalui kanal–kanal yang sering digunakan oleh masyarakat yang dapat diakses selama 24 jam yaitu bisa melalui Whatsapp di nomor 081 131 131 131 kemudian juga bisa melalui layanan Line Messenger @bank_indonesia. Sementara layanan chatbot LISA melalui Facebook Messenger di akun resmi @BankIndonesiaOfficial dapat diakses di luar jam operasional BICARA 131, pada Senin-Jumat di luar jam 08.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu selama 24 jam.
Dengan inovasi yang dilakukan, Bank Indonesia (BI) meraih penghargaan keterbukaan informasi badan publik dengan predikat Badan Publik Informatif dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021. BI menjadi salah satu dari 83 Badan Publik yang memperoleh Badan Publik Informatif dari total 337 Badan Publik. Anugerah diperoleh untuk kategori Badan Publik Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian. Pencapaian ini memperlihatkan aksi nyata bahwa BI terus melakukan peningkatan pelayanan dalam keterbukaan informasi serta senantiasa melakukan inovasi dalam pengembangan layanan informasi yang berkualitas kepada publik, khususnya dalam masa pandemi Covid-19.

Share.

Leave A Reply