Cara Membuat Teh Jelatang

Terlepas dari sengatan menyakitkan yang diberikan tanaman segar, jelatang yang diseduh atau dimasak aman untuk dimakan. Bahkan mungkin benar-benar bergizi. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum menyeduh jika Anda sedang minum obat atau memiliki kondisi medis.
Bagian 1
Memanen Jelatang

1
Kumpulkan jelatang muda musim semi. Rencanakan ekspedisi Anda di musim semi, sebelum mereka berbunga. Beberapa orang berpikir bahwa jelatang terasa pahit dan tidak enak setelah berbunga. [1] Lainnya mengklaim bahwa cystoliths (batu mikroskopis) pada tanaman dewasa dapat mengiritasi saluran kemih. Kedua klaim ini dibantah oleh beberapa pemanen jelatang, tetapi sebagian besar menempel pada tanaman muda. [2] Beberapa subspesies jelatang akan berbunga di akhir musim gugur.[3]

2
Lindungi diri Anda dari sengatan. Kenakan sarung tangan, lengan panjang, dan celana panjang untuk menghindari bulu yang menyengat. Bawalah gunting atau gunting kebun untuk memudahkan panen.
Banyak pengumpul berpengalaman memetik dengan tangan kosong, tetapi mereka sering saling bertentangan ketika memberi nasihat. Ini mungkin karena variasi antar subspesies jelatang. Kuncinya adalah melihat dari dekat tanaman itu dan mencari tahu di mana letak bulu-bulunya. Mereka biasanya miring dengan cara yang sama, sehingga Anda dapat menghindari sebagian besar sengatan jika Anda bergerak di sepanjang tanaman dari arah yang berlawanan, atau mencubit daun dari atas dan bawah lurus.

3
Identifikasi jelatang. Jelatang adalah gulma umum di sebagian besar dunia, dan seharusnya mudah ditemukan di tempat teduh sebagian, seperti garis pagar atau tepi hutan. Tanaman berwarna hijau tua, dengan daun yang tumbuh berpasangan saling berhadapan. Daunnya berbentuk hati atau tombak, dengan tonjolan bergigi di sekelilingnya. [4] Ada tanaman lain yang dapat dimakan yang kurang umum disebut “jelatang” karena menyebabkan sengatan yang serupa. Ini mungkin memiliki penampilan yang berbeda. [5]

4
Pilih daun yang sehat. Tunasnya bisa dimakan, tapi tidak ada alasan untuk memasukkannya ke dalam teh. Periksa pucuk atas dan daun untuk lubang atau bintik hitam, yang merupakan tanda-tanda hama. [6] Jika masih sehat, potong dan masukkan ke dalam tas Anda. Pegang batangnya dan gerakkan tangan Anda yang bersarung tangan ke atas untuk membuang semua daun sekaligus.
Agar tanaman tetap hidup, panen hanya dua atau tiga pasang daun teratas. Namun, jelatang adalah gulma yang kuat, jadi ini mungkin tidak menjadi masalah.
Tanaman yang sangat muda, jika bagian atasnya dipotong, akan tumbuh ke luar menjadi jelatang lebat yang baik untuk dipanen nanti.

5
Masing-masing memiliki cita rasa tersendiri. Untuk mengeringkannya, biarkan saja dalam kantong kertas di ruangan yang berventilasi baik sampai kering, tetapi masih hijau. Daun kering biasanya tidak menyengat, tetapi masih dapat menyebabkan serpihan atau iritasi ringan. [7]

Bagian 2
Menyeduh Teh Nettle

1
Ketahui risiko medisnya. Jelatang aman bagi kebanyakan orang, tetapi mungkin memiliki interaksi berbahaya dengan beberapa gangguan dan obat-obatan. Sementara lebih banyak penelitian diperlukan, sebagian besar organisasi medis memberikan saran berikut:
Hindari teh jelatang jika Anda sedang hamil, karena dapat menyebabkan kontraksi atau keguguran.
Anak-anak dan wanita menyusui tidak boleh minum teh jelatang, karena efeknya pada anak-anak tidak diketahui.
Bicaralah dengan dokter Anda terlebih dahulu jika Anda memiliki masalah dengan gula darah (termasuk diabetes), tekanan darah, kelainan darah, atau jika Anda sedang menjalani pengobatan apa pun – bahkan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas.
Mulailah dengan jumlah kecil, terutama jika Anda memiliki penyakit medis atau riwayat alergi.

2
Cuci jelatang. Saring koleksi Anda dan singkirkan bug penumpang gelap. Cuci daun dalam saringan di bawah air mengalir, gosok debu atau kontaminan lainnya dengan tangan bersarung tangan.

3
Rebus jelatang. Masukkan daun ke dalam air mendidih selama 10-15 menit, atau sampai air berubah menjadi hijau muda. Satu cangkir longgar (240 mL) daun sudah cukup untuk dua gelas teh, meskipun Anda bisa membuatnya lebih kuat atau lebih lemah.
Jika Anda tidak ingin ketel Anda kotor, cukup tuangkan air mendidih ke atas daun dan biarkan terendam.

4
Minum polos atau dengan pemanis. Daun tidak akan lagi menyengat Anda. Anda mungkin masih ingin menyaring teh melalui saringan mesh agar teh lebih mudah diminum.

5
Ubah warnanya menjadi merah muda dengan jus lemon. Jus lemon atau asam lainnya akan mengubah teh jelatang menjadi merah muda. Ini kemungkinan akan lebih dramatis jika batangnya direbus juga, karena mengandung lebih banyak bahan kimia yang mengubah warna. [8] [9] Beberapa tradisi pengobatan tradisional menggunakan perubahan ini untuk manfaat kesehatan yang berbeda. Ini belum dipelajari secara ilmiah.
Bahan kimia yang bertanggung jawab adalah antosianin dan glukosida antosianin terkait. [10]

Leave a Reply

Your email address will not be published.