Cara Membuat Teh Matahari

Saat matahari terik dan bahkan memikirkan air mendidih membuat Anda berkeringat, pertimbangkan untuk membuat teh matahari. Praktik pembuatan bir musim panas yang populer ini melibatkan penggunaan energi matahari untuk membuat teh, daripada mengandalkan listrik atau gas. Baca terus untuk mengetahui cara membuat teh matahari dari kantong teh atau rempah segar.

Waktu persiapan: 5 menit
Waktu memasak (penyeduhan): 2-4 jam
Total waktu: 2-4 jam

Bahan
Teh Matahari Klasik

4 gelas air suling
5 teh celup dalam bentuk apa pun

Teh Matahari Herbal

4 gelas air suling
1 cangkir berbagai macam rempah segar, seperti mint, kembang sepatu, chamomile, lemon verbena, dan sebagainya

metode 1
Teh Matahari Klasik

1
Pilih wadah teh matahari. Wadah yang Anda gunakan untuk membuat teh matahari harus bening, agar sinar matahari dapat menembus kantong teh dan air. Pilih wadah yang memiliki penutup sehingga Anda dapat mencegah serangga dan partikel luar lainnya masuk ke dalam teh Anda saat diseduh.

Pastikan menggunakan wadah yang mudah dibersihkan. Jangan gunakan wadah yang mudah menampung bakteri, seperti wadah dengan keran yang sulit dicuci.
Hindari menggunakan wadah plastik untuk membuat teh matahari. Bahan kimia dalam plastik dapat larut ke dalam air, mempengaruhi rasa teh dan juga menimbulkan risiko kesehatan.

2
Sanitasi wadah. Air yang dipanaskan oleh matahari mencapai suhu maksimum 130 derajat – suhu yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak. [1] Untuk mengurangi kemungkinan teh Anda terkontaminasi bakteri, penting untuk membersihkan wadah yang Anda gunakan.

Didihkan air dalam panci besar di atas kompor. Tempatkan wadah di dalam air dan biarkan mendidih selama beberapa menit, lalu keluarkan dengan penjepit dan biarkan mengering.
Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan metode perebusan (lagi pula, ini musim panas!) gunakan sabun dan air panas untuk membersihkan wadah dan tutupnya secara menyeluruh.

3
Isi wadah dengan 4 gelas air dingin. Sebagai tindakan pencegahan tambahan terhadap pertumbuhan bakteri, pilih air suling, yang dapat Anda beli dengan galon di toko bahan makanan. Anda juga bisa menggunakan mata air kemasan untuk rasa yang paling bersih.
4
Tambahkan lima teh celup. Setiap jenis teh celup membuat teh matahari yang enak. Pilih teh hitam, teh hijau, atau berbagai jenis teh herbal. Jika Anda ingin tehnya lebih kuat, tambahkan lebih dari 5 teh celup. Anda selalu dapat mengencerkannya dengan lebih banyak air untuk mengurangi kekuatannya jika perlu.
5
Tempatkan wadah di bawah sinar matahari langsung selama 2 – 4 jam. Anda dapat meletakkannya di ambang jendela atau meletakkannya di luar di atas meja. Pastikan saja di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan tidak terhalang bayangan.

Jangan biarkan teh berada di bawah sinar matahari selama lebih dari 4 jam. Meninggalkannya untuk jangka waktu yang lebih lama mendorong bakteri untuk tumbuh.
Hindari menempatkan wadah langsung di tanah. Letakkan di atas nampan atau permukaan bersih lainnya.

6
Lepaskan kantong teh. Setelah beberapa jam di bawah sinar matahari, teh Anda akan terlihat berwarna-warni dan kuat. Keluarkan kantong teh dan buang. Anda dapat menyimpan teh dalam wadah yang sama jika Anda ingin mendinginkannya.

Periksa permukaan teh untuk pertumbuhan bakteri. Jika Anda melihat untaian tali atau bintik putih, buang tehnya.
Teh seharusnya tidak memiliki konsistensi kental atau manis; jika ya, buang.

7
Sajikan teh matahari. Anda bisa mencampurkan gula ke dalam teh jika mau. Isi beberapa gelas dengan es dan tuangkan teh ke dalam gelas.

metode 2
Teh Matahari Herbal

1
Pilih herbal yang akan digunakan. Apa ramuan favoritmu? Bagi banyak orang, jawabannya adalah mint, tetapi Anda tidak perlu membatasi diri hanya pada satu saat membuat teh herbal matahari. Pilih satu atau lebih herba yang jumlahnya kira-kira satu cangkir – kurangi jika Anda ingin rasanya lebih halus.

Bereksperimenlah dengan kombinasi rasa yang berbeda. Cobalah lemon balm dengan chamomile, mint dengan rosemary, atau basil dengan kembang sepatu, misalnya.
Pilih herbal yang segar dan sehat. Pilih mereka segar, jika memungkinkan. Jika Anda membelinya di toko, pastikan tidak terlihat layu atau berubah warna.
Cobalah untuk mendapatkan herbal organik. Menyeduh teh dengan rempah-rempah yang diolah dengan pestisida bukanlah praktik yang sehat.

2
Cuci herbal. Bilas mereka secara menyeluruh dalam air dingin. Gerakkan jari Anda di atas daun dan batang untuk membantu menghilangkan kotoran dan kotoran lainnya. Tidak perlu memotong herba atau membuang batangnya.
3
Isi wadah dengan bumbu dan air. Tempatkan herbal dalam wadah steril Anda dan tutup dengan 4 cangkir air suling atau mata air. Letakkan tutup pada wadah.
4
Biarkan teh terendam di bawah sinar matahari. Letakkan di ambang jendela atau di permukaan luar yang bersih di bawah sinar matahari langsung. Biarkan teh terendam selama 2 – 4 jam. Jauhkan dari sinar matahari saat air berubah warna menjadi keemasan atau hijau, tergantung pada herba yang Anda gunakan.
5
Minum tehnya. Teh matahari herbal sehat dan lezat. Tuang ke dalam gelas dan maniskan dengan madu atau nektar agave. Sajikan dengan es.

Tips

Coba tambahkan beberapa irisan lemon untuk menambah rasa.
Jika Anda khawatir tentang bakteri, Anda bisa menyeduh teh dengan cara yang sama di lemari es. Namun, perlu waktu lebih lama untuk menyeduh teh dengan cara ini; rencanakan untuk membiarkannya curam selama 8 jam atau semalaman.
Simpan air di bawah sinar matahari selama dua jam untuk menghangatkannya sebelum Anda memasukkan teh celup, itu menambah rasa.

Peringatan

Jika Anda melihat untaian yang tampak seperti tali di teh Anda, atau partikel lain yang tampak tidak biasa, kemungkinan teh Anda telah menjadi sarang bakteri. Buang tehnya dan bersihkan wadah Anda secara menyeluruh sebelum upaya berikutnya.

Ada banyak perdebatan tentang apa yang CDC miliki dan belum katakan tentang keamanan teh matahari. Apa yang dikatakan CDC adalah bahwa ada risiko teoritis peningkatan bakteri yang biasa ditemukan di air tawar ( Alcaligenes viscolactis ) yang belum menunjukkan dirinya dengan jelas dalam kehidupan nyata, dan tampaknya kekhawatiran ini agak berlebihan. karena arus informasi Internet dan kebutuhan sensasionalisme yang tidak pernah berakhir tentang potensi keracunan makanan. [2] Yang paling penting adalah penanganan teh yang bersih, seperti apa pun yang Anda konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.