Cara Membuat Teh Matcha Dengan Kemurniannya

Teh matcha adalah teh hijau Jepang bubuk yang memadukan keanggunan upacara minum teh Jepang dengan manfaat kesehatan teh hijau dunia yang kuat. Apakah Anda ingin mendapatkan teh kental atau tipis, yang masing-masing dikenal sebagai koicha dan usucha, Anda harus menyeduhnya dengan benar. Setelah Anda tahu cara menyeduhnya, Anda dapat menikmatinya dengan berbagai cara.

Metode 1
Mempersiapkan Usucha

1
Ayak 1½ sendok bubuk matcha ke dalam mangkuk teh kecil dan sisihkan. Tempatkan saringan di atas mangkuk teh kecil dan ukur bubuk matcha ke dalamnya. Jika Anda tidak memiliki sendok matcha, takar 1½ sendok teh (2 gram) matcha. Ketuk ayakan dengan lembut untuk menyaring teh ke dalam mangkuk. Ini akan memecah gumpalan dan memberi Anda matcha yang lebih halus pada akhirnya.
Usucha adalah jenis teh matcha yang lebih tipis.

2
Tuangkan 2 ons (60 mililiter) air panas ke dalam cangkir teh terpisah.[2] Air harus tepat di bawah titik didih, sekitar 165 hingga 180 ° F (75 hingga 80 ° C). Jangan menuangkan air panas ke dalam mangkuk teh dengan matcha dulu.

3
Air panas juga akan menghangatkan cangkir teh untuk Anda, membuatnya siap untuk teh. Pada saat ini, Anda mungkin juga ingin mengeringkan cangkir teh dengan handuk bersih.

4
Kocok teh dengan cepat selama 10 sampai 15 detik dengan “chasen” menggunakan gerakan zig-zag.[3] Chase adalah pengocok bambu halus yang dibuat khusus untuk menyiapkan teh matcha.[4] Jangan gunakan garpu atau pengocok logam karena ini akan mempengaruhi rasa dan aroma teh.
Ini akan memberi Anda teh berbusa. Untuk teh yang lebih halus, gunakan gerakan melingkar.

Metode 2
Mempersiapkan Koicha

1
Ayak 3 sendok bubuk teh matcha ke dalam mangkuk teh kecil dan sisihkan. Tempatkan saringan kecil di atas mangkuk teh kecil dan ukur bubuk matcha ke dalamnya. Jika Anda tidak memiliki sendok matcha, takar 3 sendok teh (4 gram) matcha. Ketuk sisi saringan dengan lembut untuk menyaring teh ke dalam mangkuk. Ini akan memecah gumpalan dan memberi Anda matcha yang lebih halus pada akhirnya.

2
Tuangkan 2 ons (60 mililiter) air panas ke dalam cangkir teh.[5] Air hanya perlu mendidih, sekitar 165 hingga 180 ° F (75 hingga 80 ° C). Jangan menuangkan air panas ke dalam mangkuk teh dengan matcha dulu.
Pastikan Anda menggunakan air yang disaring atau mata air.[6] Air keran biasa mengandung terlalu banyak mineral yang dapat mempengaruhi rasa teh.

3
Tuang setengah air ke dalam mangkuk teh. Jangan menuangkan semua air sekaligus, karena akan membuat teh menggumpal.[7]

4
Chase adalah pengocok bambu halus yang dibuat khusus untuk menyiapkan teh matcha.[8] Jangan gunakan garpu atau pengocok logam karena ini akan mempengaruhi rasa dan aroma teh.

5
Tuang sisa air ke dalam mangkuk dan aduk. Gunakan lagi kejar-kejaran Anda dan gerakan setengah lingkaran. Aduk terus sampai pasta matcha menipis. Itu tidak akan tipis seperti Usucha, tetapi lebih tebal dan lebih gelap.

Metode 3
Membuat Teh Matcha Latte

1
Tempatkan saringan kecil di atas cangkir dan ukur bubuk matcha ke dalamnya. Ketuk sisi saringan dengan lembut untuk mengocok bubuk matcha ke dalam cangkir. Ini akan menghilangkan gumpalan dan memberi Anda minuman yang lebih halus pada akhirnya.

2
Airnya harus panas tetapi tidak mendidih, sekitar 165 hingga 180 ° F (75 hingga 80 ° C). Coba gunakan chasen (pengocok bambu) untuk ini, tetapi jika Anda tidak memilikinya, kocokan mini biasa bisa digunakan.[9] Aduk terus sampai semua bubuk larut.

3
Panaskan susu dan pemanis. Anda dapat melakukan ini menggunakan buih susu pada mesin espresso atau dalam panci di atas kompor. Anda bahkan dapat melakukannya dalam cangkir di microwave. Jangan biarkan susu mendidih; pertahankan antara 165 hingga 180 ° F (75 hingga 80 ° C).

4
Anda dapat melakukannya dengan menggunakan frother pada mesin espresso.[10] Jika Anda tidak memiliki mesin espresso, tuangkan susu ke dalam cangkir terpisah dan gunakan buih tangan untuk membuat buih.[11]

5
Tuang susu panas ke dalam latte. Tempatkan sendok besar tepat di dalam tepi cangkir buih untuk menahan busa. Anda tidak harus menggunakan semua susu—tuang sebanyak yang Anda mau.

6
Sendok busa di atas cangkir. Raih cangkir buih Anda dan ambil busanya dengan sendok. Letakkan busa dengan lembut di atas latte. Jika mau, Anda bisa menambahkan satu atau dua sendok busa lagi. Oleskan secara merata di bagian atas latte.

Metode 4
Membuat Es Teh Matcha Latte

1
Tempatkan saringan di atas cangkir dan ukur bubuk matcha ke dalamnya. Ketuk sisi saringan dengan lembut untuk menyaring bubuk ke dalam cangkir. Ini akan menghilangkan gumpalan dan memberi Anda latte yang lebih halus.

2
Tambahkan beberapa pemanis, jika diinginkan. Anda akan menambahkan air panas berikutnya, jadi lebih baik menambahkan pemanis sekarang. Anda dapat menggunakan jenis pemanis apa pun yang Anda inginkan, seperti nektar agave, madu, sirup maple, gula, dll.[12]

3
Pukul dalam 1 sendok makan (15 mililiter) air panas ke dalam teh. Airnya harus sangat panas, tetapi tidak terlalu mendidih—sekitar 165 hingga 180°F (75 hingga 80°C). Setelah Anda menuangkan air, kocok cepat dengan gerakan zig-zag. Anda dapat menggunakan chasen (pengocok bambu) untuk ini, atau Anda dapat menggunakan pengocok logam. Aduk terus hingga matcha larut dan tidak ada gumpalan atau gumpalan. Anda akan mendapatkan pasta kental berwarna hijau.[13]

4
Kocok susu dingin ke dalam cangkir. Anda dapat menambahkan susu sebanyak yang Anda mau, dan Anda dapat menggunakan jenis susu apa pun. Terus kocok susu sampai tercampur dengan pasta matcha. Seharusnya tidak ada goresan atau pusaran; Anda akan mendapatkan minuman hijau muda.

Tips

Pastikan Anda menggunakan air yang disaring atau mata air.[14] Air keran biasa mengandung terlalu banyak mineral yang dapat mempengaruhi rasa teh.
Jika Anda menyimpan bubuk teh matcha di lemari es, biarkan hangat sampai suhu kamar setelah mulai menyeduhnya.
Matcha tidak seperti teh biasa. Alih-alih dimasukkan ke dalam air panas, daun teh yang ditumbuk halus dicampur langsung ke dalam air. itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk segera meminumnya.
Chasen adalah pengocok bambu khusus yang digunakan untuk menyiapkan matcha dalam upacara minum teh Jepang. Jika Anda benar-benar tidak dapat menemukannya, Anda dapat menggunakan pengocok mini kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.