Cara Membuat Teh Peterseli

Teh peterseli adalah solusi herbal yang sering digunakan untuk mengobati kejang otot, memperbaiki pencernaan, meningkatkan produksi urin, dan meningkatkan aliran menstruasi. Anda dapat membuat teh peterseli menggunakan daun, akar, atau biji segar atau kering.
Bahan
Teh Daun Peterseli Segar

Buat 1 porsi
8 oz (250 ml) air murni

Teh Daun Peterseli Kering

Buat 1 porsi
8 oz (250 ml) air murni

Teh akar peterseli

Buat 1 porsi

1 hingga 2 sendok makan (15 hingga 30 ml) akar peterseli
8 oz (250 ml) air murni

Teh Biji Peterseli

Buat 1 porsi

2 sdt (10 ml) biji peterseli
8 oz (250 ml) air murni

metode 1
Teh Daun Peterseli Segar

1
Rebus airnya. Didihkan 1 cangkir (250 ml) air murni menggunakan ketel teh atau panci kecil.

2
Bilas daun peterseli. Bilas 1/4 cangkir (60 ml) daun peterseli segar di bawah air dingin yang mengalir. Tepuk-tepuk daun hingga kering menggunakan handuk kertas bersih.
Gunakan peterseli daun keriting atau datar. Kedua varietas tersebut harus memiliki rasa dan manfaat kesehatan yang sama.

Cincang kasar peterseli atau biarkan utuh. Memotong atau menghancurkan peterseli dengan lembut di tangan Anda dapat membantu melepaskan sebagian minyak alaminya, sehingga menghasilkan teh yang lebih kuat.

3
Rendam peterseli selama 5 hingga 10 menit. Tempatkan daun peterseli di bagian bawah satu cangkir teh. Tuangkan air panas di atas daun, lalu biarkan teh terendam selama 5 hingga 10 menit.
Ubah waktu curam sesuai selera pribadi. Teh peterseli bisa terasa sangat pahit, dan rasanya menjadi lebih kuat saat Anda menyeduhnya lebih lama.

4
Saring daunnya. Tuangkan teh melalui saringan teh mesh halus. Kumpulkan teh cair dalam cangkir teh terpisah dan buang daunnya.

5
Menikmati. Minum teh peterseli segera untuk menikmati rasa terbaik. Anda bisa mempermanis teh atau membiarkannya tanpa pemanis.
Pertimbangkan untuk menggunakan gula mentah atau madu lokal jika Anda memilih untuk mempermanis teh.

Apakah Anda membuat resep ini?
Tinggalkan ulasan
metode 2
Teh Daun Peterseli Kering [1]

1
Rebus airnya. Isi ketel teh atau panci kecil dengan 1 cangkir (250 ml) air murni. Didihkan air dengan api besar.

2
Rendam peterseli selama 5 hingga 10 menit. Takar 2 sdt (10 ml) daun peterseli kering. Tempatkan daun di bagian bawah cangkir teh, tuangkan air mendidih di atasnya, dan rendam daun selama 5 sampai 10 menit.
Teh peterseli bisa memiliki rasa pahit. Curam selama 5 menit jika Anda sensitif terhadap kepahitan. Jika Anda menikmati teh kental atau berencana untuk mempermanisnya, rendam peterseli hingga 10 menit.

3
Saring daunnya. Masukkan isi cangkir teh melalui saringan teh. Kumpulkan teh cair dalam cangkir teh kedua yang ditempatkan di bawah saringan dan buang daun peterseli yang tertangkap.

4
Menikmati. Permanis tehnya, jika diinginkan, atau minum teh peterseli tanpa pemanis apa pun. Bagaimanapun, Anda harus menikmatinya saat masih panas.
Gunakan pemanis favorit Anda, atau pertimbangkan untuk mencoba sedikit gula tebu mentah atau madu lokal.

Apakah Anda membuat resep ini?
Tinggalkan ulasan
metode 3
Teh Akar Peterseli [2]

1
Rebus airnya. Isi panci kecil atau ketel teh dengan 1 cangkir (250 ml) air murni. Letakkan panci di atas kompor dan masak air hingga mendidih.

2
Potong akar peterseli. Bilas akar peterseli di bawah air dingin yang mengalir, lalu gunakan pisau dapur yang tajam untuk memotong kasar 1 hingga 2 sendok makan (15 hingga 30 ml) akar peterseli.
Meskipun secara teknis Anda dapat menggunakan akar peterseli daun, lebih umum menggunakan peterseli akar Hamburg, kultivar terpisah dengan akar yang lebih tebal yang menyerupai wortel putih.
Jika akar peterseli tampak kotor, bilas di bawah air dingin yang mengalir dan gosok sebanyak mungkin kotoran. Anda juga dapat mengupas akarnya, tetapi biasanya tidak perlu dilakukan.

3
Rendam akar peterseli selama 10 menit. Tempatkan akar peterseli cincang di bagian bawah satu cangkir teh. Tuang air ke dalam cangkir yang sama, lalu rendam teh selama sekitar 10 menit.
Rasa teh akar peterseli agak lebih ringan jika dibandingkan dengan teh daun peterseli, jadi biasanya yang terbaik adalah menunggu 10 menit penuh agar rasanya berkembang. Namun, Anda dapat menyesuaikan waktu ini dengan selera pribadi Anda.

4
Saring potongan padat. Tuangkan isi cangkir teh melalui saringan mesh halus, tangkap potongan akar peterseli cincang di dalamnya. Kumpulkan teh cair dalam cangkir teh terpisah.

5
Menikmati. Minum teh akar peterseli segera. Anda bisa menyajikannya manis atau tanpa pemanis.
Pertimbangkan untuk menggunakan gula mentah atau madu lokal dalam teh Anda untuk manfaat kesehatan yang lebih besar.

Apakah Anda membuat resep ini?
Tinggalkan ulasan
metode 4
Teh Biji Peterseli

1
Rebus airnya. Didihkan setidaknya 1 cangkir (250 ml) air murni dengan menggunakan ketel teh atau panci kecil.

2
Rendam biji peterseli selama 5 menit. Ukur 2 sdt (10 ml) biji peterseli ke bagian bawah cangkir teh. Tuangkan air mendidih di atas biji, lalu biarkan teh terendam selama sekitar 5 menit.
Biji peterseli bisa sedikit lebih pahit daripada daun peterseli, jadi waktu curam biasanya dibatasi hingga 5 menit. Anda dapat meningkatkan waktu ini jika Anda lebih suka teh yang sangat kuat.

3
Saring bijinya. Masukkan ramuan melalui saringan teh mesh halus, kumpulkan biji di saringan seperti yang Anda lakukan. Biarkan teh cair menetes ke dalam cangkir teh kedua yang ditempatkan di bawah saringan.

4
Menikmati. Untuk menikmati rasa terbaik, minum teh biji peterseli saat masih segar dan panas. Anda bisa mempermanisnya atau membiarkannya tanpa pemanis.
Meskipun Anda dapat menggunakan pemanis standar apa pun, menggunakan gula mentah atau madu lokal mungkin menawarkan lebih banyak manfaat kesehatan daripada banyak pemanis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.