Cara Membuat Teh Yang Nikmat

Secangkir membuat teh dengan baik dapat menghangatkan hati dan jiwa setiap pecinta teh, tetapi dapat menjadi pahit yang tidak menyenangkan atau hambar yang mengecewakan jika diseduh dengan tidak benar. Untungnya, mudah untuk menyiapkan secangkir teh yang lezat. Putuskan jenis teh apa yang ingin Anda seduh dan pilih daun teh atau kantong teh celup. Biarkan teh diseduh dalam waktu yang tepat sesuai dengan jenis tehnya, lalu angkat tehnya.

Bagian 1
Memanaskan Air

1
Masukkan air segar ke dalam ketel. Jika Anda hanya membuat secangkir teh, tuangkan sekitar 1 1/2 kali air sebanyak yang Anda butuhkan untuk mengisi cangkir. Jika Anda membuat teko teh, isi ketel. Ini akan memungkinkan sebagian air menguap. Untuk teh dengan rasa terbaik, gunakan air yang belum pernah direbus sebelumnya.
Gunakan ketel kompor yang akan bersiul saat air mendidih atau nyalakan ketel teh elektrik yang akan mati secara otomatis setelah air mendidih.

2
Panaskan air sesuai dengan jenis teh Anda. Anda dapat menggunakan termometer atau memperhatikan air sehingga Anda tahu kapan harus mematikan api. Panaskan air sesuai dengan jenis berikut:[1] Teh putih: 165 °F (74 °C) atau setelah air menjadi panas saat disentuh
Teh hijau: 170 hingga 185 °F (77 hingga 85 °C) atau tepat saat uap mulai keluar dari cerat
Teh hitam: 205 °F (96 °C) atau setelah mendinginkan air mendidih selama 1 menit

3
Microwave air dalam cangkir jika Anda tidak memiliki akses ke ketel atau kompor. Meskipun air Anda akan memanas lebih merata dalam ketel atau panci di atas kompor, Anda dapat mengisi cangkir tahan microwave sekitar 3/4 penuh dengan air dan menempatkan tusuk sate kayu atau tongkat es loli ke dalamnya. Microwave air selama 1 menit atau sampai air mulai menggelembung.[2]

Tusuk sate kayu akan mencegah air dari panas berlebih yang dapat menyebabkan ledakan.

4
Jika Anda menuangkan air panas ke dalam teko atau cangkir dingin, suhu air akan turun drastis dan teh Anda tidak akan tercurah dengan benar. Untuk memanaskan lebih dulu bejana, isi teko atau cangkir kira-kira 1/4 sampai 1/2 penuh dengan sedikit air panas. Biarkan selama sekitar 30 detik lalu tuangkan.[3] Jika Anda sedang terburu-buru, Anda dapat melewati langkah ini, tetapi teh Anda akan lebih panas dan rasanya lebih enak jika Anda memanaskan lebih dulu wadahnya.

Bagian 2
Menyeduh Teh

1
Letakkan daun teh ke dalam teko atau cangkir. Jika Anda menggunakan teh celup, rencanakan untuk menggunakan 1 kantong untuk setiap cangkir teh yang ingin Anda buat dalam teko atau masukkan 1 kantong ke dalam 1 cangkir. Untuk menggunakan teh daun longgar, rencanakan untuk menggunakan sekitar 1 sendok makan (2 g) daun teh untuk setiap cangkir teh yang ingin Anda buat.[4]

Jika Anda menyukai teh yang lebih kuat, jangan ragu untuk menggunakan lebih banyak daun.

2
Tuangkan air panas ke atas teh. Tuang air dengan hati-hati ke dalam ketel atau cangkir Anda. Jika Anda menggunakan cangkir, isi sekitar 3/4 penuh agar Anda memiliki ruang untuk menambahkan susu nanti. Jika Anda membuat teh daun lepas dalam teko, tuangkan sekitar 3⁄4 cangkir (180 ml) air untuk setiap sajian teh. Untuk kantong teh dalam teko, tuangkan sekitar 1 cangkir (240 ml) air untuk setiap kantong teh.

Jika Anda membuat teh daun lepas dalam cangkir, pertimbangkan untuk memasukkan teh ke dalam bola teh jala atau tempatkan saringan ke dalam cangkir sebelum Anda menambahkan teh dan air. Pertimbangkan untuk mengukur air beberapa kali pertama Anda menggunakan teko. Kemudian Anda dapat mulai menghitung berapa banyak air yang harus digunakan setelah Anda merasa nyaman dengan teko.

3
Seduh teh sesuai jenis teh. Jika Anda menggunakan daun yang longgar, Anda akan melihatnya terbuka dan mengembang saat curam. Jika Anda menggunakan kantong teh, Anda akan melihat air mulai berubah warna, kecuali jika Anda menyeduh teh putih.

4
Saring daun teh atau keluarkan kantong teh. Jika Anda menggunakan kantong teh, angkat dan biarkan kelebihan teh menetes kembali ke dalam cangkir atau teko. Jika Anda menggunakan teh daun longgar, keluarkan bola teh atau letakkan saringan di atas cangkir dan tuangkan teh ke dalamnya.

Kompos kantong teh atau daun teh setelah Anda selesai membuat teh.

Bagian 3

Menyajikan Teh

1
Minum teh panasnya sendiri untuk menonjolkan rasanya yang khas. Jika Anda benar-benar ingin mencicipi tehnya sendiri, jangan tambahkan gula, susu, atau lemon. Ini sangat penting jika Anda minum teh putih, hijau, atau herbal karena susu dapat mengalahkan rasa lembut teh.
Teh berkualitas rendah yang sering dijual dalam kantong teh mungkin mendapat manfaat dari pemanis tambahan atau susu.

2
Tambahkan susu ke teh hitam untuk rasa yang lembut. Susu hanya dituangkan ke teh hitam, seperti teh sarapan. Letakkan susu ke dalam cangkir terlebih dahulu atau setelah Anda menuangkan teh. Kemudian aduk perlahan dan letakkan sendok Anda di atas piring di sebelah cangkir.[6]

Meskipun Anda mungkin mendengar orang bertanya apakah Anda mengonsumsi krim, hindari menggunakan krim kental atau setengah-setengah dalam teh Anda. Kandungan lemak yang tinggi akan menciptakan rasa berat yang menutupi rasa teh.

3
Aduk madu atau gula untuk mempermanis teh. Jika Anda tidak suka rasa tehnya sendiri, tambahkan sedikit gula pasir, madu, atau pemanis favorit Anda. Misalnya, maniskan teh Anda dengan stevia, sirup agave, atau sirup rasa, seperti sirup vanila.[7] Masala chai biasanya dimaniskan dengan gula pasir atau gula merah.

4
Sertakan lemon, jahe, atau mint jika Anda ingin memberikan rasa yang cerah pada teh. Cobalah menyemprotkan sedikit irisan lemon ke dalam teh Anda atau menambahkan beberapa tangkai mint segar. Jika Anda ingin menambahkan sedikit rasa pedas, tambahkan irisan tipis jahe segar ke dalam teh.[8] Untuk cara yang meriah untuk membumbui teh kental, tambahkan batang kayu manis pendek langsung ke cangkir teh.

5
Dinginkan teh untuk membuat es teh. Jika Anda lebih suka minum teh dingin, masukkan teh ke dalam lemari es dan biarkan sampai benar-benar dingin. Silakan Isi gelas es dan tuangkan teh dingin ke dalamnya. Nikmati es teh sebelum es mencair.
Anda dapat membuat es teh dari semua jenis teh. Cobalah membuat es teh manis dengan teh hitam atau es teh herbal kembang sepatu.

Bagian 4
Memilih Teh untuk Diseduh

1
Pilih teh hitam untuk minuman kental yang tahan terhadap susu atau pemanis. Untuk teh hitam berasap, cari Lapsang Souchong. Jika Anda ingin rasa malt yang kuat, belilah Assam. Jika Anda berencana untuk minum teh dengan susu atau gula, pertimbangkan untuk menggunakan sarapan atau campuran sehari-hari.[9] Carilah teh hitam beraroma, seperti Earl Grey, Lady Grey, atau masala chai untuk menambahkan rasa bunga, jeruk, atau pedas.

2
Pilih teh hijau untuk rasa yang ringan dan bersahaja. Teh hijau memiliki lebih sedikit kafein daripada teh hitam dan memiliki rasa yang lebih lembut. Jika Anda lebih suka minum teh tanpa susu atau pemanis, cobalah teh hijau agar Anda dapat mendeteksi rasanya yang halus.[10]

Tip: Jika Anda menikmati teh hitam dan hijau, cobalah teh oolong. Jenis teh ini dioksidasi seperti teh hitam, tetapi tidak diproses sehingga mempertahankan beberapa rasa rumputnya.

3
Teh warna putih yang sedikit teroksidasi dan mengandung sangat sedikit kafein. Pilih teh ini jika Anda menyukai teh lembut yang mudah diminum tanpa menambahkan pemanis atau perasa.[11] Karena prosesnya yang sangat minim, Anda biasanya hanya bisa membeli teh putih sebagai daun lepas, bukan dalam kantong.

4
Jika Anda memperhatikan kafein Anda atau hanya ingin mencoba teh dengan rasa yang lembut, pilihlah beberapa teh herbal untuk dicoba. Teh peppermint klasik menyegarkan panas atau dingin dan teh chamomile dikenal karena kualitasnya yang menenangkan.[12]

5
Pilih antara daun longgar atau kantong teh. Jika Anda ingin menggunakan daun teh berkualitas tinggi yang dapat diseduh beberapa kali, gunakan teh daun longgar. Ini tidak dipotong dan dikeringkan saat Anda membelinya, meskipun mereka akan membuka dan mengembang saat curam. Untuk cara membuat teh yang nyaman, belilah teh yang sudah dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam kantong. Sayangnya, Anda hanya bisa merendamnya sekali.[13]

Untuk kantong teh berkualitas tinggi, pilih kantong gaya piramida yang memungkinkan teh mengembang saat diseduh. Jika Anda tidak dapat menemukannya, cari kantong teh bundar yang diisi dengan teh yang dipotong halus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.